Bahasa Indonesia

Pikiran Kritis

Beberapa bulan yang lalu, ayahku memberi aku nasihat yang baik tentang mendapatkan lebih jauh ke dalam pekerjaan sosial. Dia mengatakan kepada aku bahwa karena sekarang aku bisa berbicara sedikit bahasa Indonesia dan aku nyaman dalam komunitasku, aku bisa mulai bereksperimen dengan intervensi kecil untuk perkembangan, di kelasku (di perpustakaan) dan keluar dalam rangka untuk menantang asumsi-asumsiku tentang sistem pendidikan dan memahami asumsi orang lain juga. Dia juga memberi pada aku sebuah buku namanya “Ekonomi Miskin” oleh ekonom MIT Abhijit Banerjee dan Esther Duflo sebagai panduan untuk benar-benar buat aku bingung. Dalam “Ekonomi Miskin”, Banerjee dan Duflo ‘merevolusi’ studi pembangunan, dengan mencoba untuk membedah pilihan yang miskin buat berdasarkan data yang dikumpulkan dari RCT – percobaan terkontrol acak – dari 18 negara-negara yang berbeda. Kabar baik bagi aku adalah bahwa Indonesia berhasil masuk ke Banerjee dan Duflo itu kumpulan data. Dan berita yang lebih baik, mereka memiliki seluruh bab didedikasikan untuk kualitas pendidikan. Ini telah aku berpikir lebih kritis tentang bagaimana pikiran kritis terjadi di sekolah – dan keluar dari sekolah – di Jawa Timur, berdasarkan pengalamanku di kelas yang aku telah masukkan.

Dalam bab tentang pendidikan, Banerjee dan Duflo menyelam ke dalam daging apa pertanyaan kebijakan / arahan pada pendidikan harus difokuskan pada: kualitas pendidikan – bukan hanya statistik kehadiran di sekolah (MDG Goal 1 – yang, kalo jujur, budaya relativistik dan belum membela hak asasi manusia universal untuk pendidikan jika Anda telah melangkah kaki di sekolah gagal mana saja di dunia). Mereka melihat bagaimana elitisme dari sistem pendidikan saat ini, bagaimana mengajar saat ini mengembangkan siswa dan bagaimana orang tua, siswa dan guru merasakan nilai pendidikan sebagai alat anti-kemiskinan. Kritik-Kritik mereka banyak. Mereka menunjukkan bahwa karena tujuan besar guru adalah mengajar anak-anak atas dalam persiapan untuk ujian nasional, banyak anak-anak, dengan anggukan ke George Bush, tertinggal. Sistem pendidikan saat ini ditetapkan untuk energi kolam renang, peluang dan dana untuk anak-anak yang menunjukkan janji atau berasal dari keluarga dengan status, dan tangan anak-anak lain retorika berat yang mempromosikan determinisme sosiologis (Ex: Guru mengatakan, “anak-anak pedesaan tidak seperti anak-anak kota”; anak Pedesaan mendengar komentar itu, menginternalisasi itu – anak desa melakukan buruk pada tes / / logika yang menghasilkan Anda benar-benar sekarat sedikit dalam setiap kali ia mendengar seorang guru / orangtua menetapkan harapan yang rendah untuk anak-anak yang dalam pendengaran ). Mereka juga berkomentar bahwa insentif untuk mengajar salah tempat karena faktor diatasi seperti ukuran kelas besar, pelatihan guru buruk dan korupsi (waktu dan sebaliknya). Dan, akhirnya, bahwa metode pengajaran jarang melibatkan pemeriksaan belajar siswa, atau kesesuaian materi yang diberikan kepada siswa. Salah satu contoh yang mereka berikan adalah mengatakan: siswa diuji di pedesaan India dinilai lebih tinggi dalam kemampuan matematika ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu di luar sekolah dan di kios orangtua mereka, menghitung perubahan, dari waktu di sekolah.

Sekarang kita beralih ke Indonesia, sistem sekolah publik Indonesia adalah salah satu sistem pendidikan yang berkinerja terburuk di dunia, menurut standar Barat. Ini penuh dengan korupsi kelas, absensi guru (berapa banyak usaha yang Anda dimasukkan ke dalam pekerjaan yang dibayar Anda $30 setiap bulan, sepertiga dari yang dimakan oleh gas untuk mendapatkan Anda pergi-pulang sekolah), kurikulum nasional rumit, guru- berpusat metode pengajaran dan tujuan keseluruhan yang rusak – melewati ujian nasional ditulis dengan buruk. Semua ini meletakkan dasar untuk artifisial mempromosikan siswa, tanpa peduli untuk belajar mereka yang sebenarnya – hanya untuk mendapatkan mereka melalui kelulusan. Sebuah artikel baru-baru Al Jazeera melaporkan:
“Pendidik dan komentator Indonesia mengecam sistem sekolah negara untuk menempatkan lebih menekankan pada belajar menghafal daripada berpikir kreatif. Sebuah budaya pengajaran berlabuh dalam ketaatan serta pendekatan kaku untuk studi agama dan ditugaskan membaca telah digambarkan sebagai masalah besar. “

Yang merangkum dengan baik keluhan yang akan diberikan dalam membela elitis saat ini-a-kegagalan-tapi-ini-semua-kita-punya-begitu-harus-tetap-percaya-in-itu model sistem pendidikan yang efektif . Ini tidak memperhitungkan dunia yang berbeda berpikir bahwa orang-orang miskin dan kaya hidup sebagai Banerjee dan upaya analisis yang kuat Duflo untuk.

Ketika saya memikirkan murid-murid saya, saya menyimpulkan bahwa salah satu tuduhan yang layak mengambil kedua melihat adalah gagasan bahwa mahasiswa Indonesia tidak diberikan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Saya bertanya pada diri sendiri, “Apakah murid-muridku pemikir secara kritis? Apakah mereka pemecah masalah “Dan kemudian, aku berpaling pertanyaan-pertanyaan pada diri saya sendiri:” Apakah aku pemikir yang kritis? Apakah itu bagian dari pendidikanku? Dimana pembelajaran yang terjadi dan untuk apa? ”

Sebelum kita melangkah lebih jauh, berikut adalah beberapa definisi berpikir secara kritis:

“… Investigasi yang tujuannya adalah untuk mengeksplorasi situasi, fenomena, pertanyaan, atau masalah untuk sampai pada hipotesis atau kesimpulan tentang hal yang mengintegrasikan seluruh informasi yang tersedia dan karena itu dapat meyakinkan dibenarkan” (Kurfiss, 1988)

“… Penentuan hati-hati dan sengaja apakah akan menerima, menolak, atau menangguhkan penilaian tentang klaim” (Moore & Parker, 1986)

 “… Pemikiran yang memfasilitasi penghakiman karena hal itu bergantung pada kriteria, adalah mengoreksi diri, dan sensitif terhadap konteks” (Lipman, 1991)

Jawabannya adalah bahwa gambar yang survei pendidikan menangkap kehidupan mahasiswa saya ‘tidak lengkap. Pendidikan tidak terjadi tepat pada waktunya di sekolah. Jadi, anak-anak saya pemikir kritis dari tatanan yang lebih tinggi dari saya dan rekan-rekan saya istimewa berdasarkan menjadi miskin. Mereka terus-menerus diberikan masalah di mana kesalahan apapun akan berarti konsekuensi nyata bagi dirinya dan bagi keluarga mereka. Soal matematika tentang menemukan pilihan transportasi termurah atau menjual jagung keluarga mereka tidak teoretis dan tidak dipraktekkan dalam lingkungan yang aman di mana mereka diizinkan untuk melakukan kesalahan. Keterampilan berpikir kritis mereka dibangun melalui pengalaman hidup dan kuat karena mereka harus menyulap terus berubah kondisi dan informasi yang tidak lengkap. Mereka bisa berpikir melalui informasi lebih cepat daripada yang saya bisa, bisa menimbang hasil dan mereka berani untuk bertindak.

Sebaliknya, pendidikan saya memberi saya kesempatan untuk berlatih memecahkan dalam ruang hampa dan pada kecepatan yang lembut masalah. Saya didorong untuk selalu berpikir kritis tentang mana informasi saya datang dari dan untuk mencari lebih banyak pengetahuan dalam rangka untuk bergerak maju nyenyak. Masalah saya disajikan dengan yang teoritis dan tidak ada yang saya merasa ada tekanan untuk memecahkan. Ketika datang ke masalah sosial, saya menerapkan logika yang sama. Bahkan, sebagai relawan Korps Perdamaian, saya selalu memaafkan diriku sendiri karena tidak bertindak karena saya bersembunyi di balik kata-kata “Tidak Menyakiti” dan keyakinan bahwa saya tidak cukup tahu tentang konteks budaya saya belum, tidak mengerti bahasa , singkatnya, bahwa aku perlu mengumpulkan informasi lebih lanjut.

Sebuah forum baru-baru ini di Georgetown University mempertemukan Georgetown NAACP dan Howard NAACP untuk berbicara tentang pemahaman masyarakat menjadi seorang mahasiswa kulit hitam di lembaga didominasi kulit putih (PWI) dan akademi atau universitas (HBCU) historis untuk orang dengan warna kulit hitam. Satu pernyataan mahasiswa dari Howard buat aku pikir banyak. Dia menyebutkan bahwa menghadiri HBCU dan kondisi terkadang tidak konsisten yang terjadi di kampus Howard mengajarkan dia untuk menjadi pengedar dan bahwa pendidikan pengedar adalah persiapan yang paling penting bagi kehidupan pasca-kampus.

Jadi bagaimana ini tanah kami untuk keadilan sosial? Mereka dunia mengakui sebagai yang paling siap untuk memecahkan masalah merasa tidak ada tekanan untuk bertindak dan, lebih buruk lagi, tidak bersedia untuk melihat melampaui konstruk palsu pendidikan sebagai pemikir memberikan lebih kritis karena bermanfaat bagi mereka. Mereka diberi ruang untuk berpikir inovatif tetapi tanpa bottom-line keras untuk memberikan sesuatu yang bernilai. Sistem pendidikan yang saya datang melalui tidak mengaktifkan saya untuk memahami tanggung jawab yang datang dengan keistimewaan dan kondisi saya akan bekerja di bawah dalam pekerjaan keadilan sosial. Banyak retorika Korps Perdamaian merinci kebutuhan untuk menjadi fleksibel dan tidak memiliki harapan dalam upaya untuk menenangkan orang-orang istimewa di berhadapan dengan ketidakpastian yang sama seperti orang miskin. Kami tidak diberikan harapan yang ketat untuk keramaian, tapi yang tersisa untuk mencelupkan satu kaki di setelah lain meskipun urgensi masalah kemiskinan.

Kaum miskin, di sisi lain, terus berpikir kritis dan kreatif ketika sedang didorong melalui sistem pendidikan yang sakit-siap untuk mengenali keterampilan mereka. Mereka terkena metode mengajar yang, sebagai kolega mengatakan, mengajarkan mereka untuk “hanya makan informasi apa pun yang diberikan kepada mereka”. Dia benar – dan dia berhak untuk tidak memberikan siswa kami istirahat dan terus mengejar diasah keterampilan berpikir kritis.

Namun, mungkin kritik sekolah Indonesia harus diperkuat dengan pemahaman tentang kehidupan anak-anak agar tidak lagi melanggengkan sistem yang tidak sama. Sekolah di masyarakat keistimewaan bisa dinilai pada seberapa efisien mereka mengajarkan seni bergegas dan sekolah di masyarakat yang kurang mampu dapat dinilai pada berapa banyak lingkungan yang aman dan konsisten mampu berikan kepada para siswa mereka. Semua ini, sebagai bantuan kepada ketidakpastian bahwa mereka terus mengalami untuk memberi mereka lebih banyak ruang untuk makan dan makan sehat.

Standard

Leave a Reply

