Bahasa Indonesia

Percakapan Pertama

Pertama percakapan.

Mari kita mulai tendangan dengen perlahan. Kamu naik bus, kamu duduk di samping orang asing yang tampak ramah. Apa yang terjadi selanjutnya?

Jelasnya, kamu harus memberikan semacam pertanyaan yang menujuk pada tergantung.

Tapi, tergantung apa saja?

Aku sudah berpikir bahwa percakapan kecil dapat menginformasikan pada kita bahwa terjadi banyak perubahan nasional dan perjuangan kita miliki di depan kita untuk menciptakan sebuah desa global dalam solidaritas. Mereka adalah interaksi di mana kita sedikit berpikir dan tergelincir ke dalam tarian terkenal, kaki kami mulai bergerak ketika musik dimulai. Kami bergetar satu sama lain, menghubungkan kemanusiaan kita dengan yang lain adalah untuk waktu yang singkat.

Ada banyak hal yang harus kita pelajari tentang diri kita sendiri ketika kita mempertimbangkan bagaimana kita telah diajarkan untuk menari tarian yang – apa arah yang harus kita ambil dengan pertanyaan-pertanyaan kami, berapa lama kita harus jalan-jalan, ketika kita harus mundur atau mempercepat. Saat mereka menunjukkan bagaimana membuat diri kita langsung rentan atau membangun tembok-tembok tetangga kita tidak bisa melihat di atas, bagaimana kita memperkuat atau memperlemah identitas-identitas.

Seorang sejarawan Benedict Anderson mengatakan bahwa kita adalah bagian dari masyarakat bayangan, bahwa kita bermimpi koneksi berwujud dengan orang lain tetapi tidak dapat memeriksa bahwa mereka koneksi nyata karena kita tidak bisa secara pribadi memenuhi semua anggota komunitas tersebut. Kami masuk ke dalam konstruksi sosial besar seperti BANGSA, RAS, SUKU, AGAMA, GENDER, dll (+ D7, dengan penekanan besar pada plus) dengan keyakinan fatalistik bahwa mereka lebih berarti daripada mereka. Tapi itu percakapan di bus, itu nyata. Mentol emosi, melainkan menyebabkan frustrasi, kebencian, penghinaan, tawa kenyamanan, dan cinta. Ini bagaimana kita membangun komunitas antara hidup, bernapas orang dan terlalu sering diacuhkan dan diabaikan.

Jadi, apakah ini?

Aku tidak punya banyak pengalaman, tapi aku ingin berbagi beberapa percakapan saya di Amerika Serikat dan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai peringatan, aku berpikir tentang topik ini banyak karena dari tahun mengetahui dan namun tidak bertindak untuk mengubah masyarakat ‘expat’ diasingkan bahwa saya dibesarkan di Afrika Barat (Senegal / Ivory Coast) dan di Kenya. Aku jauh lebih sadar hari ini daripada kemarin dari penindasan dan rasisme yang aku diabadikan oleh kepasifanku, betapa sedikit bicara kecil aku berpartisipasi dalam sebelum usia 18 adalah tanda itu.

Aku kuliah di Washington, DC. Sebagai seorang mahasiswa baru di kampus, percakapan pengantar saya alami cukup singkat: 1. nama kamu siapa, 2. Kamu dari mana. Aku merasa sedikit diserang oleh kecuraman dan pengulangan dari perkenalan. Itu bulan pertama kuliah adalah waktu khusus, kebudayaan terbuka, hangat seperti di bulan Agustus. Ini saatnya ketika diterima untuk mencoba orang-orang di pasang seperti sepatu, untuk segera membuang mereka ketika tidak cocok. Bagi aku, seperti bagi banyak orang, itu percakapan yang mengerikan untuk di melalui, meskipun untuk lebih dari sekadar ketimpangan bertemu seratus orang dan tidak mengingat nama tunggal atau kekecewaan ‘cinta monyet’ ketika aku bosan teman baru setelah seminggu menghancurkan yang kuat satu sama lain.

Itu pertanyaan kedua, asal, adalah salah satunya, bersama dengan beberapa teman berkualitas, telah mendapatkan tertawa adalah hal terbaik untuk mengejek dan komentar sinis siap dari beberapa waktu, dari ketika kami siap untuk pindah ke negara yang lebih maju untuk selanjutkan dengan pendidikan kami yang ‘lebih tinggi’ (apakah itu tetap lebih tinggi atau asumpsi?). “Aku bukan ‘dari’ mana saja.” Aku telah menghabiskan lebih banyak waktu di luar negeri di pasporku bukan di dalamnya. “” Jika aku bisa, aku akan membayar pajakku ke PBB. ” Sementara kita mungkin tidak akan membingkai hal-hal begitu angkuh, kompleks keunggulan kami dan ego pada kesadaran eksotisme-diri kami siap untuk keluar dan mendapatkan diarak keliling di setiap saat.

Seorang teman yang lulus dari satu SMA memberi pada aku laporannya tentang pengalamannya biasa saat pertemuan pertama di negara bagian New Jersey:

Orang lain: Jadi, kamu dari mana?
Me: Keluargaku tinggal di Kenya.
OP: Keren, sehingga kamu dari Kenya, kamu bisa berbicara bahasa Inggris benar-benar baik!
Me: Aku bukan dari Kenya, tapi aku tinggal di sana untuk kelas 11 dan 12.
OP: Jadi … mana asalmu?
Me: Orang tuaku orang Nigeria, dan aku lahir di New Jersey.
OP: Jadi, kamu meninggalkan NJ pada akhir kelas 10?
Me: Tidak, sebenarnya, kami meninggalkan setelah aku selesai kelas 4 SD, dan kami tinggal di beberapa negara lain sebelum Kenya.

Pengalaman aku adalah sangat mirip, dan pengulangan itu membuat saya di jalan untuk berpikir sangat sedikit tentang masyarakat di DC selaman beberapa tahun setelah itu dan berpikir terlalu banyak ketidakadilan sosial bahwa kota adalah mikrokosmos yang sempurna. Aku menyadari langsung bahwa kekuasaan bukanlah hasil dari jasa, pengetahuan yang diperoleh sebagai salah satu bergerak dari bawah ke atas, melainkan dari jaringan.

Menengok ke belakang, aku menyadari bahwa banyak kemarahanku karena ketidaktahuan orang Amerika rata-rata sekitar Afrika diblokir aku dari balik mata kritis pada diri aku sendiri dan pada apa yang aku lakukan. Melalui percakapan tersebut, aku membuka diri seperti buku dan menunggu orang lain untuk memimpin dalam membolak-balik halaman, berbicara ketat dalam fakta-fakta dalam mode bosan yang aku tahu akan menarik. Aku meninggalkan kesenjangan informasi yang memohon untuk pertanyaan lebih lanjut (kelas 11 dan 12 di Kenya – kau lahir 16 tahun?) Dan kemudian mengecam keras mereka yang tidak memiliki kerangka kerja untuk bekerja dengan kebodohan mereka (‘Ya, aku berbicara bahasa Inggris, Kenya adalah sebuah negara berbahasa Inggris ‘). Aku terjebak pada senjataku, meminta orang untuk meningkatkan bukannya memimpin mereka melalui percakapan. Aku selalu menjawab dengan menggunakan tongkat pengukur yang sama seperti orang yang aku berinteraksi – jika mereka mengatakan mereka berasal dari kota, aku akan mengatakan Nairobi. Jika mereka mengatakan negara, aku akan mengatakan Kenya sehingga aku tahu bahwa jika menjawab Afrika, akan membuat segalanya lebih mudah. Saya tidak ingin membuat hal-hal mudah bagi siapa saja, saya ingin membangun sebuah dinding bata ke kepala mahasiswa Georgetown terhadap pengetahuan mereka harus miliki.

Ketika aku masuk ke tahun kedua, tahun ketiga, aku mengambil pada aliran DC dan pertanyaan dari karir ditambahkan ke dalam campuran seperti yang aku memberanikan diri lebih jauh dari DC. “Apa yang kau lakukan?” menjadi insting, yang sepenuhnya mengungkapkan dari norma DC untuk menyamakan jabatan dengan nilai manusia. Lingkungan Georgetown sudah mulai merasa seperti gurun untuk percakapan basi, kemungkinan besar sebagai akibat dari sikap kaustik saya. Kebanyakan orang hanya tidak bicara, kecuali ada alasan untuk percakapan, dan interaksi yang paling aku punya dengan orang asing yang klinis dan sopan karena aku membeli roti atau secangkir kopi. Aku menemukan pengecualian untuk aturan ini terbesar adalah dalam komunitas mahasiswa warna kulit beda bukan putih di kampus. Aku mulai merasa diterima ketika aku mengambil hubungan melambaikan banyak dengan beberapa orang, tetapi mereka buat aku bingung. Aku tidak – dan masih tidak – menganggap diri minoritas, hak istimewa aku agak layaknya bahwa mayoritas. Aku merasa tidak dihormati oleh asumsi bahwa aku, bukan karena alasan rasis, tapi karena aku tidak menganggap identitas ras aku banyak sekali dan memiliki sedikit latar belakang untuk apa berlomba di Amerika. Aku jelas tidak menolak gelombang mereka – itu wajar untuk menjawab senyum sambil tersenyum. Itu adalah kesempatan besar untuk bertemu banyak orang dan aku merasa seperti pertemuan-pertemuan yang sedikit lebih cair dan lebih dekat dengan apa yang saya digunakan untuk karena mereka mulai pada titik keakraban. Dengan banyak siswa putih, ada kecanggungan begitu banyak, begitu banyak membangun sebelum akhirnya mengakui bahwa kami telah melihat satu sama lain di kelas Dosen X pagi itu dan bahwa itu adalah fakta kita bisa membangun percakapan di sekitar waktu luang. Pada saat itu saya tidak berpikir banyak tentang menjadi aktif dalam menciptakan masyarakat yang dalam aku ingin tinggal, jadi aku meninggalkannya pada saat itu.

Masyarakat DC mulai menebus dirinya sendiri untuk saya melalui warung kopi Peregrine Espresso di lingkungan Pasar Timur. Salah satu rekan kerja aku di Peregrine, yang diberkati dengan kecerdasan yang keras cambuk orang di sekitarnya ke dalam bentuk, setelah menceritakan pertemuannya dengan aktivisme di kota. Dia berkata bahwa dia dulu ke dalamnya, tapi ketika dia menyadari bahwa aktivis lebih tentang masalah dari kejauhan, dan kurang aktif bangun suasanya akrab dengan tetangga, dia menyerah dan memilih untuk fokus pada promosi masyarakat melalui dirinya pekerjaan atau di blok nya. Nongkrong di Peregrine memberiku percakapan pertama duniawi dan santai serasi aku berharap untuk menemukan sebagai anak berusia 17-tahun. Mereka sering tidak lebih dari “selamat pagi”, komentar tentang cuaca, penyelidikan tentang batik yang aku pakai yang akan mengakibatkan menyadari bahwa pelanggan telah pergi ke sekolah tinggi yang sama 10 tahun sebelum aku punya. Aku berada dalam posisi yang sangat berbeda, dibayar untuk membangun komunitas, untuk bersikap ramah. Dengan hanya sedikit usaha, aku mulai menjadi jenis warga negara yang aku inginkan menjadi, untuk berbagi pengetahuan bebas dan menabrak orang yang aku tidak pernah membayangkan aku akan bertemu, tanpa berpikir dengan akumulasi kekuatan sosial tetapi sebagai hasil dari berbagi hari bersama-sama.

Pada titik waktu ini, saya juga pindah ke Columbia Heights, lingkungan DC paling rasial dicampur dengan populasi 33% hitam, 33% putih dan 33% Latino. Aku punya waktu lebih panjang di perjalanan antara Georgetown, Timur Pasar dan Columbia Heights dan mulai menerapkan apa yang Peregrine telah mengajar aku untuk pergi keluar dan membuat momen sebagai tetangga baik. Aku mulai lebih banyak (singkat) percakapan-percakapan, biasanya sekitar saat-saat bersama. Aku mencintai rumahku di Columbia Heights dan merasa diinvestasikan dalam lingkungan. Aku merasa cukup nyaman dengan identitasku dan perhatian yang aku punya lebih tinggi daripada cahaya rata-rata berkulit perempuan untuk mendapatkan apa yang aku inginkan keluar dari saat-saat dengan orang asing dan mengganggu saat-saat yang aku lihat bahwa aku tidak setuju.

Waktu cepat berlalu hingga April tahun lalu ketika aku pindah ke Jawa, Indonesia, dengan program Peace Corps dan mendapat beberapa pelatihan bahasa yang bagus di mulai setelah aku datang. Aku bersyukur aku suka dengan Bahasa Indonesia karena obrolan ringan menempati tempat yang berbeda di pedesaan di Jawa Timur daripada itu di Amerika Serikat timur laut. Aku tidak bepergian secara luas di Jawa Timur belum (meskipun lebih daripada rata-rata orang Jawa), tetapi di mana-mana aku pergi aku sudah percakapan yang sudah sangat dekat dengan hal-hal berikut:

“Mbak, dari mana?”
“Grabagan, pak / bu.” (Meskipun aku tahu orang lain mau tanya asalku, aku suka menjawab dengan nama tempat dari mana aku datang karena merasa kurang seperti orang asing)
“Ngakk, maksudnya, aslinya aslinya?”
“Aku campuran dia antara Amerika Serikat dan Kongo, sebuah negara di Afrika Tengah.”
“Kok sudah lancar di bahasa Indonesia?”
Orang-orang di Jawa pedesaan, dalam pengalaman saya sampai saat ini, orang yang luar biasa: murah hati, positif, mudah di temani dan mengasuh tentang orang lain. Aku sepenuhnya siap untuk kemungkinan bahwa aku hanya tidak memiliki kosakata untuk memahami negatif masyarakat belum. Sebagai hasilnya, aku selalu merasa seperti seseorang yang membangun aku atau mengasuh tentang aku.

“Belum, tapi bisa sedikit sedikit.”
“Tinggal mana?”
“Di Grabagan.”
“Sudah berapa lama di Grabagan?”
“9 bulan.”
“Apa yang kau lakukan di sana?
“Saya mengajar bahasa Inggris di SMA.”
“Kerasan?”

Dan seterusnya. Kami bicara tentang keluarga kami, tentang tanaman-tanaman, tentang berita yang terjadi di Tuban, tentang siapa yang mungkin kita sama-sama kenal, tentang apa makanan yang kita suka makan, kita menjawab pertanyaan satu sama lain tentang apa yang tersedia di Amerika Serikat and di Jawa, dll.

Pada awalnya, ketika orang-orang sering tanya pertanyaan “Dari mana?” (itu sopan untuk menyapa orang lain dengan kata-kata itu, atau dengan kata “mau ke mana?”) aku tetap merasa seperti itu serangan dan mulai merasa tekanan. Dimanapun aku mau pergi / atau dari aku datang adalah URUSANKU SENDIRI. Aku merasa sangat tidak nyaman harus memiliki percakapan ini, berkeringat non-stop di bawah pantang menyerah matahari Indonesia karena saya ingin hidup keluar keyakinan aku bahwa menjadi orang Amerika bukanlah sesuatu yang harus dihormati. Yang, ternyata, hanya benar-benar egois di Jawa di mana basa-basi, basi, adalah kejadian yang dijamin untuk menunjukkan kesopanan dasar.

Mendengar tentang pengalaman lain relawan-relawan Peace Corps, banyak dari mereka lelah karena tidak dipahami melewati satu-orang-sini-bukankah-seperti-yang-lain penampilan mereka. Peace Corps suka menyamakannya dengan diperlakukan seperti selebriti dan berpura-pura seperti beban adalah pada Amerika yang harus berurusan dengan pertanyaan-pertanyaan tak berujung dan perhatian, dari orang setelah orang sampai seluruh wajah campuran miskin bersama-sama dalam suatu massa satu warna, tanpa nama, pikiran unik atau kapasitas untuk percakapan intelektual.

Untuk beberapa waktu aku mengalami kesulitan dengan percakapan. Seperti percakapan di DC tentang aslinya Afrika, aku memiliki banyak dipertaruhkan pribadi dan emosi mendengar kesalahpahaman orang tentang tempat-tempat yang aku memiliki kesempatan besar untuk mengenal. Sejauh yang aku ketahui, ini merupakan tindakan ketidakadilan untuk tidak mengakui keragaman dunia dan meragukan kesamaan manusia apakah mereka tinggal di Tuban, Jawa Timur atau Washington, DC. Aku mulai mundur di balik kelelahan pengulangan, firasat bahwa identitasku akan menjadi hal eksotis lagi dan rasa takut bahwa pembicaraan akan Pitter keluar karena aku tidak tahu bagaimana berhubungan dengan seorang petani atau orang kerja sama batu karena ekonomi saya hak istimewa. Aku tidak tahu bagaimana berbicara tentang mengapa aku punya dua iPod, iPad, dan dua laptop (menjadi kelahiran terakhir memiliki manfaat) di kamarku. Mengapa aku pergi ke tempat ini dan tempat itu dan kemudian bahwa tempat lainnya. Saya tidak yakin apa jenis kebencian aku minta. Pada titik tertentu, niat aku untuk memahami hak aku berubah menjadi ketidakpercayaan saya orang lain untuk memahaminya juga. Atau, mungkin aku berhenti sejenak dari pemahaman itu karena aku tidak ingin terlibat ketika itu menjadi percakapan hidup. Tentu sebuah genre yang sangat berbeda dari ketidakpercayaan daripada di DC dengan pertanyaan aslinya – lebih jauh rasa memalukan sebagai orang istimewa dalam komunitas yang kurang mampu.

Sebagai, kata-kata terakhir, itu tidak benar. Rasanya tepat dalam percakapan. Tapi itu memperkuat jarak yang membangun seperti BANGSA, RAS, SUKU, AGAMA, dll buat. Orang kulit putih bertindak malu dan menginjak di atas es batu tipis (ekspresi di bahasa Inggris – es batu di atas danau saat musim salju) dalam percakapan tentang ras. Seorang pria merasa keluar dari tempat dalam percakapan tentang feminisme. Orang kaya berbicara kepada orang miskin tentang menyukai perjalanan. Jarak diam meninggalkan rasa setelah itu, rasa kolonial dan itu membuat orang-orang di atas di tempat yang nyaman di mana mereka tidak perlu terlibat secara aktif hak istimewa mereka untuk menghubungkan ke penderitaan orang lain. Ini mengikis kemanusiaan.

Pada akhir itu, saya tidak bisa benar-benar mendapatkan cara bagaimana untuk memperkuat hubungan antara orang-orang. Berbagi kemanusiaanmu itu sebuah pilihan, dan ketika hal itu dilakukan sebagai tugas bukan untuk cinta yang lain, ternyata basi. Kamu tidak harus suka orang lain atau berpartisipasi dalam percakapan. Tapi jika kamu menjaga jarak dari seseorang berasumsi bahwa kamu tidak dapat terhubung, itu pikiran rasis. Jika kamu melakukannya karena kamu takut hak istimewa kamu sendiri, itu lain lagi.

Dan itu tergantung pada pembicaraan kecil. Begitu banyak mempertahankan pola berbahaya pengecualian. Melanjutkan siklus percakapan berbahaya yang kamu tahu langkah-langkah untuk tidak membabi buta dan tidak dapat diterima. Seorang teman yang baru saja bercerai dia bercerita kepada saya pengecualian dia dibuat merasa ketika suaminya memilih untuk meninggalkan dia karena ia mendapatkan gelar dan tetap member nafkah kepada keluarganya untuk makan. Semua tetangganya menyalahkan dirinya, mengatakan bahwa seorang wanita Muslim seharusnya mengikuti suaminya. Temanku menempatkan agamanya di inti nya, jadi aku tidak bisa membayangkan berapa banyak kata-kata menyakitkan untuk mendengar.

Tapi, penting untuk menyadari bahwa ini adalah alat yang efektif dan kurang dimanfaatkan, salah satu yang dapat menawarkan orang lain martabat mereka dalam pertukaran untuk kemanusiaanmu sendiri.

Jadi, kamu baru naik bus, kamu duduk di samping orang asing yang ramah-tampak. Apa yang kamu harus dilakukan selanjutnya? Seberapa besar rasa kejujuran yang kamu berikan dan seberapa mudah kamu bersedia untuk menerima.

Standard

Leave a Reply

