Bahasa Indonesia

Kepala BINGUNG? Ora po po.

Di berikutnya pidatoku saat perpisaan siswa-siswi kelas 3 SMAN Grabagan tahun 2013. Semoga sukses semua.

 

Nama saya Martine Randolph dan tahun ini saya punya kesempatan yang istimewa untuk belajar mendampingi siswa-siswi kelas III di SMAN Grabagan. Berbedaan yang paling besar di antara saya dengan mereka hari ini adalah mereka yang telah siap untuk mengambil langkah selanjutnya sehingga gurunya tertinggal.

Ketika Pak Nanang menyuruh saya berbicara pidato ini, Beliau menyuruh saya berbicara tentang apa saja yang saya pelajari tahun ini di Grabagan, saya senang sekali karena memang ada banyak hal-hal yang saya pelajari, dan menurut saya yang paling adalah banyak pelajaran dari siswa-siswi SMAN Grabagan.

Pertama, saya belajar dari siswa-siswi bahwa semuanya bisa menjadi guru. Ada banyak hal-hal saya belum tahu ketika saya baru ke sini. Tentang bahasa, tentang makanan, tentang budaya dan tentang SMAN Grabagan. Siswa-siswi di sini yang mengajar saya dan saya harus berterima kasih atas itu. Kadang-kadang saya belajar bahasa Inggris dari kalian juga! Saya belajar “brokenheart”, “enjoy learning”, “refreshing” – memang, setiap kata ada kesalahan kecil seperti brokenheart seharusnya menjadi brokenheartED, enjoy learning sebetulnya menjadi enjoyful learning dan refreshing itu bukan kata kerja, tetapi maksudnya jelas: kalian orang-orang yang berfikir dengan hati kalian, jadi efek pata hati itu hal besar, dan kalian hidup dengan philosophie belajar dengan menikmati dan perlu istirahat, tidak karena capek atau malas, tapi karena mau belajar banyak ilmu yang harus cari di luar sekolah. Selama satu tahun, saya lihat bagaimana kalian berani untuk maju dan membantu orang yang mungkin aneh pertama kali kita bertemu dan kalian selalu membantu saya dengan senyum dan sabar. Sekali lagi terima kasih.

Mudah-mudahan kalian tidak pernah akan berfikir tentang posisi sebagai guru atau siswa di situasi kalian, tetapi akan maju jika ada yang perlu seperti tahun ini, atau jika kalian bisa lihat bagaimana bisa menciptakan satu situasi lebih baik bukan yang sekarang. Menurut saya, sering, seluruh dunia, kami merasa seperti kami harus menghormati posisi, daripada karya. Kami menunggu orang yang punya tugas atau orang di atas kami sampai mereka gerak dulu. Saya harap kalian tidak mengikuti hal tersebut karena saya tidak tahu kalau sampai sekarang saya akan mengerti SMAN Grabagan seperti sekarang kalo tidak ada yang mampir di perpustakaan kadang-kadang buat ngobrol-ngobrol.

Kedua, saya belajar tentang kelemahan saya. Cuaca di sini berbeda dengan di Amerika Serikat dan biasanya, setiap hari saya mau pulang dari sekolah cepat, jalan-jalan ke rumah dan baru mau istirahat karena sangat panas. Memang, saya pernah bekerja sampai jam 5 lebih, tetapi di sini, karena terlalu panas, saya sudah siap untuk istirahat jam 2. Selama beberapa bulan, siswa-siswi kelas 3 selesai pelajaran jam 1 dan sudah siap untuk jam tambahan sampai jam 3. Kebanyakan guru cuma punya LES satu kali satu minggu dan pasti mereka capek setelah itu, karena jam kerjanya luar biasa. Siswa siswi kelas III belajar dengan rajin 5 kali dalam satu minggu untuk LES tambahan supaya mereka menjadi siap untuk UNAS kemarin. Siswa, saya harap kalian selalu akan ingat karya kalian tahun ini jadi kalian tahu kapasitas kalian sendiri.

Ketiga, saya belajar banyak untuk menjadi seorang pemimpin. Di sekolah saya saat SMA, biasanya tidak ada kakak kelas yang memperhatikan adik-adik kelas seperti di SMAN Grabagan. Mungkin kalo ada acara seperti MOB atau acara-acara yang lain, biasanya itu sekolah sebagai penyelenggara. Yang mengatur adalah bapak-ibu guru. Tetapi, di sini, langsung dari bulan Juli, saya lihat anak-anak kelas 3 atau anak-anak OSIS yang berperan penting pada setiap acara. Saya harap kalian tidak akan lupa semangat itu dan selalu memperhatikan ke adik-adik di mana saja kalian pergi, kalau kuliah, kerja atau mulai hidup keluarga. Juga, tentang miminpin, saya belajar dari kalian, seorang memimpin tidak cuma pinter bicara, tapi pintar mendengarkan juga.

Keempat, pelajaran yang paling besar saya belajar, jika dalam hidup Anda bisa tinggal sekitar orang yang baik dan kerjasama orang yang punya motivasi yang tinggi, tidak ada satu hari ketika kamu bisa merasa seperti tidak mencapai satu atau dua tujuan hari itu. Tidak apa apa kalo tidak bangun tidur dengan tujuan karena kalo pilih orang yang baik dan menjadi dekat mereka dengan pikiran ke menikmati waktu bersama, pasti akan menciptakan tujuan bersama dan tujuanya diciptakan sama teman-teman itu lebih istimewa daripada yang bisa buat sendiri. Dengan teman-teman, kamu bisa pinjam tenaga dari mereka, dan tenaga itu pasti positif dan tanpa jalan di mana bisa menjadi malas. Setelah satu tahun tinggal di Grabagan, saya merasa sehat sekali, karena kalian memberi teori itu untuk saya. Ada kata mutiara dari seorang yang berasal dari Afrika Selatan namanya Desmond Tutu. Dia bilang: “Kemanusiaan saya terikat di hatimu, karena kita hanya bisa menjadi manusia bersama-sama.” Karena itu, saya senang dan bangga sekali ada bagian Grabagan di badan kalian yang akan pergi ke mana-mana dan tambah lingkungan di manapun akrab dan asuh dengan budaya Grabagan.

Trahir, saya harap kalian sangat memikirkan tentang masa depan kalian. Jangan panic! Itu tidak salah. Menurut saya, itu lebih baik daripada salah. Dunia kita sekarang memmbuat kita bingung sekali. Kita belum punya jawaban tentang banyak hal-hal besar dan tentang cara manusia bisa tinggal bersama dengan damai. Itu kalian yang harus maju dengan solusi-solusi kreatif dan baru. Jadi kalau kalian sudah tahu semuanya tentang masa depan kalian sekarang, kalian tidak akan bertemu masalah-masalah dunia besok dengan baik karena kita semuanya belum tahu masalah-masalah besok. Sekali lagi, jangan panic. Hidup tidak akan terjadi dengan biasa-biasa saja karena siapa yang mau hidup dengan biasa-biasa saja? Jangan khawatir yang kalian belum tahu dan yang teman-teman belum tahu. Jadi, ayo, lanjutkan dengan kepala BINGUNG, hati SENANG dan rasa ingin tahu yang menggebu.

Sekali lagi, terima kasih atas semua pelajaran tahun ini.

Standard

One thought on “Kepala BINGUNG? Ora po po.

Leave a Reply

